Work From Home Bikin Stress, Ini Tipsnya

JAKARTA – Sudah lebih dari dua pekan sejak diberlakukannya himbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah atau Work From Home bagi para pekerja, hal ini dilakukan demi untuk mencegah penyebaran covid-19 lebih cepat. Pastinya hal ini disikapi dengan sangat beragam oleh kalangan masyarakat terutama para pekerja yang “kebagian jatah” Work From Home ini.

Banyak yang senang, tapi banyak juga yang tidak setuju atas pemberlakuan tersebut. Di antaranya adalah efek jangka panjang dari bekerja di rumah tersebut bagi para karyawan yang sudah terbiasa dalam lingkup kerja yang ramai orang. Bahkan belakangan ini banyak orang yang mulai mengeluhkan kurang nyaman dengan peraturan tersebut, tidak jarang malah beberapa di antaranya mengaku stress dengan kondisi bekerja yang tidak biasa mereka lakukan.

Untuk mencegah hal tersebut, kalian mungkin bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

Atur Waktu Kerja Anda

Salah seorang rekan psikolog mengatakan bahwa bekerja dari rumah bisa juga membawa dampak positif walaupun anda terbiasa bekerja di tengah keramaian rekan sekantor. Dengan sebisa mungkin anda mengatur waktu kerja sendiri, anda bisa mengurangi dampak stress yang diakibatkan terlalu lama anda merasakan “sendiri” karena himbauan pemerintah ini. Atur timeline kerja anda sebaik mungkin.

Caranya, anda dapat membagi waktu kerja anda dan disesuaikan dengan pekerjaan yang anda lakukan. Bahkan anda bisa tetap merasa seakan-akan sedang kerja di kantor apabila anda dapat mengatur ritme kerja anda. Misalnya saja saat anda baru bangun tidur, usahakan 2 atau 3 jam setelahnya anda melakukan aktifitas lain, sehingga otak anda merasa segar dan siap untuk membantu anda mengerjakan tugas – tugas kantor anda. Dan jangan lupa atur pula pola makan anda, jangan karena anda merasa santai karena mengerjakan tugas kantor anda di rumah, lantas mengabaikan pola makan.

Perbanyak Istirahat

Disini bukan berarti anda lebih banyak tidur-tiduran dan bermalas-malasan, tapi setidaknya untuk hal ini merupakan suatu keuntungan bagi anda. Terutama yang pekerjaannya selalu menghadap ke layar monitor komputer.

Seperti yang diketahui bahwa pancaran spektrum warna dari layar komputer sedikit banyaknya dapat berpengaruh ke kesehatan mata anda, bahkan apabila anda terlalu lama menatap layar komputer, maka bisa dipastikan anda akan merasakan kurang nyaman. Karena itu pergunakan waktu sebaik-baiknya, umumnya apabila anda telah menatap layar monitor komputer selama 2 jam, maka beristirahatnya selama 15 menit. Anda dapat memijat-mijat kedua bola mata anda untuk merelaksasikan otot mata.

Selain itu, untuk anda yang pekerjaannya lebih banyak duduk, jangan lupakan konsumsi air mineral. Hal ini penting, karena selain untuk membantu fokus anda, juga menjaga kesehatan organ dalam tubuh. Dan selanjutnya, jangan paksakan tubuh anda, apabila sudah merasa lelah, beristirahatlah segera.

Gunakan fitur panggilan video/video call

Saat ini, sudah banyak aplikasi yang berfungsi untuk melakukan panggilan video yang bisa anda gunakan. Apa manfaatnya untuk anda? Selain memecah kesepian yang anda rasakan karena bekerja sendiri di rumah, panggilan video dapat juga anda lakukan apabila butuh koordinasi dengan rekan sejawat atau dengan atasan anda. Selain itu, anda juga dapat melepas “rindu” dengan teman sejawat tanpa harus mengabaikan himbauan pemerintah selama masa pandemic masih berlangsung.

Anda dapat memilih aplikasi dari sekian banyak pilihan yang bertebaran di internet. Dari yang berbayar, sampai ke aplikasi yang menyediakan fitur panggilan video gratis untuk anda. Tentu biasanya aplikasi yang menyediakan layanan gratis memiliki fitur yang minim, namun kalau hanya sekedar untuk bisa “bercengkrama” dengan rekan sejawat anda, atau dengan kerabat anda yang jauh lokasinya, mungkin sudah cukup.

Nah, selain itu, jangan lupa tetap berolahraga, karena dengan berolahraga akan menjaga kebugaran anda dan juga tetap menjaga sel – sel tubuh anda tetap sehat dan berganti.