SALAM SEPULUH EWU atau Salam Sepuluh Ribu, adalah jargon┬ádari IKARAGIL, yang disetiap kesempatan, baik kopdar korwil maupun event – event IKARAGIL yang lain selalu dilaksanakan. Salam Sepuluh Ribu adalah semangat dasar┬ádari paguyuban IKARAGIL.

Adapun makna dari Salam Sepuluh Ribu adalah Sumbangan yang diberikan secara sukarela dan ikhlas dari anggota maupun simpatisan di setiap event, yang dalam peruntukannya digunakan sebagai biaya anggaran kegiatan sosial yang dilaksanakan di Kabupaten Gunungkidul. Baik berupa bedah rumah, pembagian alat tulis, pendampingan orang sakit, dan lain – lain.

Salam Sepuluh Ribu itu adalah kiasan, bahwasanya dengan hanya menyumbangkan sepuluh ribu saja kita sudah dapat ikut berperan serta dalam setiap kegiatan sosial di Gunungkidul, dan membantu saudara – saudara kita yang kurang mampu. Salam Sepuluh Ribu merupakan sebuah gagasan yang dicanangkan oleh Bapak Sunyata, salah seorang yang menyumbangsihkan pemikirannya demi mewujudkan kesejahteraan di Gunungkidul.

Dalam konteksnya, Salam Sepuluh Ribu itu tidak musti uang sebesar sepuluh ribu yang disumbangkan, namun benar – benar sukarela dan seikhlasnya. Karena cita – cita IKARAGIL, dengan Salam Sepuluh Ribu, kami akan berusaha untuk membangun Gunungkidul ke arah yang lebih baik semampu dan sekuat kami.

IKARAGIL.